Jasa Pengurusan PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) – Jogja, Sleman, Bantul

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok manusia untuk memenuhi kebutuhan energi, tumbuh kembang tubuh dan lain sebagainya. Pentingnya makanan dan minuman mengakibatkan produk makanan/minuman yang beredar semakin beragam. Hal ini terjadi akibat kemajuan teknologi dan perubahan pola hidup masyarakat.

Untuk melindungi masyarakat dari makanan yang membahayakan kesehatan, maka salah satu kebijakan pemerintah adalah dengan menerapkan Perizinan Produksi dan Izin Edar bagi produk. Perizinan tersebut terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Izin melalui BPOM yaitu POM MD (Produksi Pangan Dalam Negeri) dan POM ML (Produksi Pangan Luar Negeri/Import).
  2. Izin yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yaitu SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga/P-IRT).

Dalam Pembahasan kali ini Indo Jasa Permission akan membahas mengenai Pangan Industri Rumah Tangga atau PIRT.

Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) adalah izin untuk industri makanan dan minuman berskala rumahan. Umumnya PIRT dalam sebuah label kemasan produk terdapat berupa deretan nomor PIRT sebanyak 15 digit (baru) dan 12 digit (lama) yang berlaku selama 5 tahun dan dapat melakukan perpanjang untuk makanan dan minuman yang daya tahannya di atas 7 hari.

Peluang Bisnis Olahan Makanan dan Minuman

Menjalankan Bisnis usaha rumahan atau Usaha Kecil Menengah (UKM) yang proses pengerjaannya dari rumah sebagai pusat kegiatan usaha semakin berkembang. Berbisnis rumahan sendiri memiliki banyak keuntungan, selain modal yang tidak besar, tidak memerlukan sewa tempat, juga memiliki waktu dengan keluarga.

Manfaat dan Fungsi PIRT

Manfaat pembuatan dan pendirian Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) merupakan komponen yang penting, karena berperan sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman memenuhi standar keamanan makanan. Aktivitas kegiatan usaha PIRT memerlukan sebuah perizinan produksi dan izin edar sebagai jaminan produksi olahan makanan tersebut memenuhi standar keamanan. Proses perizinan dengan mendaftarkan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) ke Dinas Kesehatan di masing masing wilayah (Kabupaten atau Propinsi).

Beberapa keuntungan bagi pelaku usaha makanan olahan jika mendapat izin PIRT adalah jaminan bahwa usaha makanan atau minuman telah memenuhi standar keamanan makanan, meningkatkan nilai jual dan harga produk, produk bisa masuk ritel besar, kepercayaan pembeli meningkat dan lain sebagainya.

Jasa Pengurusan PIRT Jogja, Sleman, Bantul

Mengingat pentingnya perizinan produksi dan izin edar bagi pelaku usaha olahan makanan, kami menawarkan jasa pengurusan izin PIRT kepada para pelaku usaha yang hendak membuat izin PIRT namun tidak memiliki cukup banyak waktu. Untuk informasi dan layanan lainnya silahkan hubungi kontak kami di bawah.

WA : 081225494348

Instagram : indojasa.permission

facebook : Indo Jasa Permission

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *