Perbedaan PT dan CV yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendirikan Badan Usaha

Perkembangan zaman telah merubah pola pikir masyarakat dalam mencari uang. Jika beberapa tahun kebelakang banyak orang yang berfikir mencari uang dengan bekerja di perusahaan, Pegawai Negeri ataupun pejabat negara. Pola pikir tersebut mulai berubah seiring perkembangan zaman, saat ini banyak anak muda mulai mencari uang dengan mendirikan usaha. Kegiatan usaha yang dijalankan beragam baik sektor perdagangan barang hingga sektor perdagangan jasa. Dalam menjalankan kegiatan usaha tentu akan lebih baik jika memiliki legalitas usaha.

Legalitas usaha merupakan salah satu hal yang penting bagi pelaku usaha, karena dengan adanya legalitas usaha perusahaan tersebut sudah mendapatkan izin yang sah dan kegiatan usahanya sudah legal. Bagi pelaku usaha, mendirikan badan usaha dapat menjadi prioritas agar usahanya dapat berkembang dan naik kelas. Namun, sebelum mendirikan usaha tentu penting untuk diketahui badan usaha apa yang tepat untuk dipilih dalam menjalankan usahanya. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis badan usaha, tetapi yang paling populer adalah badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan Persekutuan Komanditer (CV). Kedua badan usaha tersebut memiliki beberapa perbedaan. Baiklah kami akan menjelaskan perbedaan PT dan CV agar anda dapat memilih badan usaha yang cocok dengan usaha anda.

Perbedaan PT dan CV

  1. Bentuk Perusahaan

Perseroan Terbatas merupakan badan usaha berbadan hukum yang statusnya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, sedangkan CV merupakan badan usaha yang bukan berbadan hukum.

2. Modal Perusahaan

Menurut Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, modal dasar minimum yang ditetapkan dalam mendirikan PT yaitu sebesar 50 juta dan paling sedikit 25% dari modal dasar tersebut harus disetorkan secara penuh, sedangkan dalam pendirian CV tidak ada ketentuan yang mengatur jumlah minimum modal yang harus disetor.

3. Pendiri Perusahaan

Dalam mendirikan PT dan CV, jumlah minimum pendirinya wajib minimal 2 orang, yang membedakannya yaitu dalam mendirikan PT bisa WNI maupun WNA dan masing-masing pendiri memiliki bagian saham, sedangkan dalam mendirikan CV melarang WNA ikut mendirikan perseroan komanditer.

4. Kepengurusan

Kepengurusan dalam PT dilakukan oleh direksi yang dipilih berdasarkan RUPS. Dalam hal ini, pemegang saham tidak memiliki wewenang untuk mengelola ataupun mengurus PT kecuali jika pemegang saham perusahaan tersebut di tunjuk dalam RUPS sebagai anggota direksi, sedangkan kepengurusan persekutuan komanditer terbagi menjadi 2 yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif bertanggung jawab untuk menjalankan dan mengurus perusahaan, sedangkan sekutu pasif tidak memiliki wewenang dalam mengelola perusahaan dan hanya bertindak sebagai penyetor modal.

5. Pendaftaran

Pendirian PT harus dengan akta pendirian notaris dan harus mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia agar berstatus sebagai badan hukum, sedangkan pendirian CV hanya perlu di daftarkan ke Sistem Administrasi Badan Usaha Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

6. Penamaan

Penamaan dalam pendirian badan usaha berbentuk PT wajib mencantumkan frasa Perseroan Terbatas atau PT dan nama tersebut tidak boleh sama dengan perusahaan lain, sedangkan penamaan dalam pendirian badan usaha berbentuk CV tidak ada aturan khusus untuk pencantuman statusnya, sehingga mungkin terjadi adanya kemiripan atau kesamaan nama antara CV satu dengan lainnya.

Indo Jasa Permission

Penjelasan di atas tadi adalah sedikit gambaran mengenai perbedaan PT dengan CV. Semoga penjelasan tersebut bisa menjawab kebingungan anda dalam menentukan legalitas usaha anda. Baiklah bagi anda yang ingin mendirikan legalitas usaha, tetapi anda bingung atau repot mengurusnya. Anda bisa menggunakan jasa kami dalam Pendirian PT maupun Pendirian CV.

untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kontak di bawah ini:

WA : 0812-2549-4348

Instagram : Indojasa.permission

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *